Claude Shannon Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?

shares |

Creatwe.com - Claude Shannon Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?. Hari ini tepatnya tanggal 30 April 2016, Google Doodle merayakan ulang tahun yang ke-100 Claude Shannon. Banyak yang bertanya, siapakah Claude Shannon. Apakah yang sudah dilakukannya sehingga google harus mengabadikan namanya di Google Doodle. Berikut ulasannya.

Claude Shannon Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?
Claude Shannon di Google Doodle Hari Ini

Claude Elwood Shannon adalah seorang ilmuwan yang lahir di Petoskey, Michigan, pada tanggal 30 April 1916. Dan wafat meninggal di Medford, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 2001 diusianya yang ke 84 tahun. Claude Shannon merupakan seorang ilmuwan matematika, teknik elektro, dan kriptografi yang berasal dari Petoskey, Michigan, Amerika Serikat. Ia dikenal juga sebagai "bapak teori informasi", yakni disiplin ilmu pada bidang matematika terapan yang berkaitan dengan kuantisasi data sehingga data atau informasi tersebut dapat disimpan dan dikirimkan tanpa kesalahan melalui suatu kanal komunikasi.

Claude Shannon mengawali karirnya sebagai Asisten penelitian Vanner Bush di MIT sejak lulus dari Universitas Michigan pada tahun 1936 pada saat itu ia baru berusia 21 tahun. Dimana ini adalah titik balik dimana ia akan mencatat sejarah dan melakukan berbagai macam penelitian.Claude Shannon menyelesaikan program doktornya dengan jurusan Matematikan pada tahun 1940 di MIT. 

Ilmu pengetahuan yang pertama dipublikasikan hasil penelitian Claude Shannon adalah Bell System tepatnya pada tahun 1948. Jasanya terhadap dunia komunikasi berupa teori informasi dengan model matematika

Claude Shannon juga mempelopori lahirnya teori informasi dalam bentung perhitungan byte dan potongan untuk mengungkapkan informasi yang sangat kecil. Dimana seseorang menggunakan digit biner 1 atau 0. Digit biner ini kemudian dapat menggambarkan semua hal dari mulai kata-kata, gambar, lagu, video hingga perangkat lunak game yang sangat canggih.

Dengan pemikirannya yang sederhana, Claude Shannon dapat mengungkapkan bahwa semua jenis media ini bisa diungkapkan dengan cara yang sama. Ini adalah konsep yang benar-benar radikal yang telah mengubah komunikasi elektronik.

Claude Shannon Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?
Claude Shannon Bapak Teori Informasi

Claude Shannon juga membuat perangkat praktis seperti komputer yang dapat dipakai, yang ia gunakan untuk berhitung, dan menulis. Pada tahun 1974 ia bekerja pada Rubik's Cube dan menuliskan beberapa artikel.

Pada tahun 1978 Claude Shannon harus meninggalkan MIT karena didiagnosa penyakit Alzheimer. Dan pada tahun 1993 ia tinggal disebuah panti jompo dan pada tahun berikutnya ia berhasil menemukan gelembung dot com dan internet ubiquity. Dan pada tahun 2001 bulan februari Claude Shannon meninggal dengan meninggalkan penemuan berharganya yaitu ponsel ke dunia maya dan HD TV.

Demikianlah Claude Shannon Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapakah Dia?, semoga bermanfaat.

Related Posts

...