Inilah 10 Keutamaan Bulan Ramadhon Yang Tidak Akan Kamu Temukan Pada Bulan Lain

shares |

Creatwe.com - Inilah 10 Keutamaan Bulan Ramadhon Yang Tidak Akan Kamu Temukan Pada Bulan Lain. Bulan Ramadhon adalah bulan istimewa, bulan yang paling agung dan suci dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Bahkan beberapa dari sahabat diriwayatkan meminta agar semua bulan sepanjang tahun menjadi bulan Ramadhan, hal ini karena para sahabat mengetahui begitu banyak dan besar keutamaan yang ada pada bulan Ramadhon.

Inilah 10 Keutamaan Bulan Ramadhon Yang Tidak Akan Kamu Temukan Pada Bulan Lain

Berikut ini adalah 10 Keutamaan Bulan Ramadhon Yang Tidak Akan Kamu Temui Pada Bulan-Bulan Lainnya, diantaranya sebagai berikut:

1. Diturunkannya Kitab Suci Al Qur'an Pada Bulan Ramadhon

Keutamaan yang pertama bulan Ramadhan adalah diturunkannya kitab suci Al Qur'an pada bulan Ramadhan, yaitu pada hari ke tujuh belas di bulan Ramadhan. Kitab yang menjadi pedoman dan tuntunan hidup semua umat Muslim, selain Hadits dan Sunnah Nabi.

"Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan  (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda  ( antara yang hak dan yang bathil ) “ ( Al Baqarah : 185 )


2. Pintu Langit Dibuka Selama Bulan Ramadhan, Sementara Pintu Neraka Ditutup Dan Setan Dibelenggu.

Selama bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka sementara pintu neraka ditutup. Hal ini menandakan Allah menerima langsung semua perbuatan baik selama bulan puasa.

Dan juga makna dari pintu langit dibuka dan pintu neraka ditutup adalah Allah memudahkan berbagai macam ketaatan kepada hamba-Nya pada bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Berbeda dengan bulan lainnya. Pada bulan Ramadhan, semua orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan maksiat. Inilah sebabnya mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat pada saat itu.

3. Adanya Malam Yang Penuh Keberkahan dan Kemuliaan

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan yang lain adalah adanya suatu malam yang memiliki kelebihan, dimana ia lebih baik dari seribu bulan. Yaitu malam Lailatul Qadar yang artinya malam kemuliaan. Menurut beberapa pendapat malam Lailatul Qadar terdapat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, terutama pada malam-malam ganjil.

4. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Dimana Semua Doa Terkabul

Kutamaan bulan Ramadhan yang tidak kita temukan pada bulan lain adalah terkabulnya semua doa yang dipanjatkan pada bulan ini. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW:
”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”

5. Diampuninya Semua Dosa Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan lain bulan puasa atau Ramadhan adalah diampuninya semua dosa umat Islam yang menjalankan semua ibadah di bulan Puasa.

Rasulullah SAW bersabda:
“ barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

6. Semua Pahala dan Amalan Baik Dilipat Gandakan Pada Bulan Ramadhan.

Keutamaan bulan Ramadhan berikutnya adalah dilipatgandakannya pahala dari semua perbuatan baik dan amalan shalih yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Sementara hal ini tidak berlaku untuk perbuatan buruk yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
Ibnu Rajab rahimahullah berkata ( Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru – gurunya yang berkata : apabila telah datang bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama daripada tasbih di bulan yang lain )


7. Bulan Ramadhan Terdapat Amalan I'tikah

Keutamaan bulan Ramadhan yang tidak ada pada bulan lain berikutnya adalah Keutamaan I'tikah, yaitu amalan yang dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Biasanya dengan bardiam diri di Masjid, tanpa melakukan aktivitas duniawi. Hanya fokus kepada aktivitas ibadah dan ibadah.

Anas radhiallahu anhu berkata :
"Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, sampai beliau wafat, kemudian istri – istri beliau pun beri’tikaf setelahnya “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

8. Bulan Puasa Adalah Salah Satu Sebab Seseorang Masuk Syurga

Di Zaman Rasulullah SAW. terdapat dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, lalu salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata : aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran – heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda :

 “bukankah setelah itu ( dalam waktu setahun ) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat ? “ ( diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani )

9. Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda :
“Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim )

Inilah Rasulullah SAW, apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya. Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi apabila datang bulan Ramadhan.

10. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Dan Rahmat Serta Ampunan

Rasulullah SAW bersabda :
“ Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah ….. “ ( diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani )

“ Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu “ ( diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim )

“ Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab “ ( diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani )

Dan itulah 10 Keutamaan Bulan Ramadhon Yang Tidak Akan Kamu Temukan Pada Bulan Lain, semoga bermanfaat. Dan kita diberi kemudahan serta keringanan hati untuk mengerjakan semua kebaikan di Bulan Suci Ramadhan. Aamiin

Related Posts

...